PENDANGKALAN MUARA SUNGAI DESA TUNJUNGREJO

Terjadi pendangkalan sungai

Sudah menjadi permasalahan lama setiap musim kemarau datang dan kondisi air laut pasang khusus dipesisir laut Jawa hulu dan muara  sungai di wilayah Pantai Utara Kabupaten Pati khususnya di wilayah pesisir sepanjang pantai Juwana sampai dengan Dukuhseti terjadi pendangkalan yang cukup mengganggu aliran air pertanian di wilayah tambak dan sawah. Hal ini disebabkan karena adanya materi limbah produksi  tapioka, tebu khusus di wilayah desa tunjungrejo Kecamatan Margoyoso yang secara geografis dilewati 3 aliran sungai yakni sungai Sat Sungai Warung dan Sungai Pugag.

Genangan air yang merusak lahan

Kondisi ini diperparah dengan adanya debet air laut yang bermateri lumpur yang apabila kondisi air  pasang  secara perlahan mengakibatkan Muara sungai menjadi dangkal dan apabila tidak diadakan normalisasi sungai dapat ditumbuhi tanaman seperti enceng gondok dan lain lain yang bisa mengganggu aliran sungai.

Upaya Pemerintah Desa sudah maksimal dalam mengatasi permasalahan ini, adanya kelompok tani penyediaan alat dorong lumpur (kuil) juga sudah dilaksanakan namun belum bisa menyelesaikan permasalahan tersebut. By Gitanada0720

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan