Antusiasme Warga Desa Tunjungrejo Ikuti Program Kesehatan Posyandu

Warga RW 01 dan 02 ikuti program kesehatan POSYANDU

Tunjungrejo – Kegiatan Posyandu (Pos Pelayan Terpadu) desa Tunjungrejo yang dilaksanakan di POS Melati 1 berjalan dengan lancar dan sesuai prokes. Kegiatan ini merupakan program kesehatan pemerintah desa yang dilakukan sebulan sekali dengan tujuan untuk meningkatkan gizi balita serta memantau proses tumbuh kembang anak. Kamis (09/09/2021)

Nur Afifah, sebagai salah satu panitia pelaksana kegiatan mengatakan bahwa kegiatan rutinan ini dilakukan di empat (4) POS selama empat hari berturut-turut yaitu mulai tanggal 09 s.d. 12 September 2021. “POS Melati 1 yang bertempat di rumahnya ibu Kastini merupakan tempat pengadaan kegiatan Posyandu pertama untuk bulan ini. Selain itu, POS Melati 1 diperuntukkan bagi warga RW 01 dan 02, sedangkan untuk RW lainnya akan dilaksanakan pada hari berikutya” terangnya.

Siti (43) sebagai salah satu warga yang mengikuti posyandu mengatakan bahwa ia merasa bersemangat mengikuti kegiatan ini dikarenakan dapat secara langsung dan rutin mengetahui gizi serta tumbuh kembang anak. “Tidak perlu jauh-jauh pergi sampai ke puskesmas karena desa sudah melayani. Selain itu, program ini juga tidak memerlukan syarat yang ribet karena hanya cukup membawa Kartu Identitas Anak (KIA). Sebelum pulang malah kita diberi PMT (Pemberian Makanan Tambahan)”.

“Pemberian Makanan Tambahan (PMT) sendiri diambil dari anggaran dana desa, sehingga tidak ada iuran ataupun biaya tambahan bagi pelaksanaan kegiatan tersebut. Dengan adanya PMT ini, antusiasme warga juga bertambah karena setelah melakukan rangkaian pengecekan tumbuh kembang anak, sebelum pulang mereka akan diberi PMT yang terdiri dari nasi dan lauk, buah jeruk, serta jus jambu” ungkap Kastini, pemilik rumah bagi kegiatan Posyandu.

 

(TIM KKN-IK IAIN Kudus 2021)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan