PEMDES Tunjungrejo Diskusikan Survey Mawas Diri dalam Musyawarah Masyarakat Desa

Tunjungrejo – Kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yang diadakan oleh PEMDES Tunjungrejo dengan dihadiri oleh Penanggung Jawab UKM Puskesmas Margoyoso 1, Ketua FKD, PEMDES beserta kadernya itu membahas tentang survey mawas diri yang bertujuan untuk menentukan prioritas masalah, cara pemecahannya, dan kesepakatan tindak lanjut, serta rumusan rencana kegiatan yang disepakati dalam MMD. Senin (13/09/2021)

Namun, hasil yang diperoleh dalam survey tersebut masih jauh dari target. “Jumlah respondennya hanya 120. Adapun kendalanya yaitu karena masih banyak warga yang tidak tahu dengan link survey yang dibagikan dan cara mengisinya” tutur Eta Dian, selaku bidan desa dan pengisi materi dalam MMD.

Dalam forum tersebut, ada beberapa masalah yang dibahas berdasarkan hasil survey mawas diri, di antaranya yaitu 1) Tikus di dalam rumah; 2) Scraning penyakit degeneratif; 3) Kesehatan ibu, bayi, dan balita; 4) Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR); 5) Stunting; 6) Olah raga teratur; 7) Merokok di lingkungan rumah; 8) Sampah; 9) Hipertensi tidak terpantau; 10) JKN (Jaminan Kesehatan Nasional; 11) Kesehatan lansia; 12) Mobil Siaga “Dari masalah di atas, selanjutnya akan ditentukan prioritas masalah untuk mencari solusi, lalu ditindak lanjuti dengan memanfaatkan potensi yang ada di desa.”, sambung bidan desa tersebut.

Berdasarkan hasil MMD, terdapat lima 5 prioritas masalah yang akan ditindaklanjuti yaitu, 1) Sampah 2) Mobil siaga 3) JKN 4) Kesehatan ibu, bayi, dan balita, 5) Pemantauan penyakit degeneratif. Kesemuanya telah dimusyawarahkan dengan berbagai usul dan pertimbangan sehingga proses musyarawah mendapatkan hasil yang mufakat.

 

(TIM KKN-IK IAIN Kudus 2021)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan