Posyandu Lansia Bantu Masyarakat Kenali Penyakit Degeneratif dan Tidak Menular

Tunjungrejo – Posyandu lansia yang diikuti sekitar 47 warga desa Tunjungrejo dan diadakan secara rutin setiap sebulan sekali itu nyataya membantu warga dalam mengetahui dan mengenali penyakit degeneratif yang dimilikinya. Kegiatan ini dimulai dari pukul 09.00-selesai di balaidesa Tunjungrejo. Sabtu (25/09/2021)

Posyandu lansia merupakan program kesehatan yang diadakan oleh PEMDES Tunjungrejo dan sudah berjalan selama 3 tahun. Program ini diperuntukan bagi warga yang berumur 60 tahun ke atas dengan tujuan untuk scraning penyakit degeneratif dan tidak menular.

“Bagi warga yang ingin mengikuti Posyandu lansia ini mereka harus membawa kartu identitas untuk proses registrasi, bisa dengan membawa KTP/KK.” Jelas Bu Dian, selaku bidan pelaksana kegiatan.

Lanjutnya, “Terkait alur kegiatan ini yaitu warga mengikuti senam pagi dahulu selama 30 menit, setelah itu registrasi, lau menunggu antrian, dan beberapa pengecekan seperti berat badan, tekanan darah, tes kolesterol, tes asam urat, dan tes gula darah. Setelah itu akan dilakukan konseling. Sementara untuk tindak lanjutnya yaitu dengan dirujuk ke faskes (fasilitas kesehatan) baik puskesmas, dokter keluarga, atau yang lainnya.”

Di akhir scraning penyakit degeneratif dari kegiatan ini yaitu warga akan mendapatkan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) yang berupa nasi beserta lauk pauk dan air mineral.

 

(TIM KKN-IK IAIN Kudus 2021)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan